http://i58.tinypic.com/mwuqfc_th.pnghttps://www.sufanet.com/images/dh-vrs-prod.png

Cara Check Server SSH Down Atau Online


Tidak sedikit yang belum paham tentang internetan dengan trik SSH kemudian disaat ada trouble yang sebenarnya bukan trouble dari server kemudian dengan mudahnya berkata "SERVER DOWN!".

Saya pernah balik nanya "Server down itu seperti apa sih?"
Kebanyakan jawab "Ga tau, saya tidak bisa login padahal pake SSH lain bisa"

Banyak faktor penyebab tidak bisa login ke server SSH diantaranya plugins/inject yang tidak cocok, bugs host yang tidak cocok, IPC yang tidak cocok dan masih banyak lagi.

Untuk alasan "Ga tau, saya tidak bisa login padahal pake SSH lain bisa" kita ambil faktor IPC yang menyebabkan tidak bisa login. Contoh si user mendapat IPC yang tidak cocok dengan bugs opsel kemudian mencoba connect ke server SSH dan hasilnya gagal. Si user disconnect modem kemudian connect lagi dan mendapat IPC yang cocok dengan bugs opsel lalu mencoba SSH lain dan hasilnya connect. Nah dari sini muncul prasangka bahwa server SSH yang gagal di konekin adalah DOWN.

Logika yang paling mudah tanpa pikir panjang adalah jika server down maka semua user yang di dalam server tersebut tidak akan bisa login sama sekali.

Untuk mengobati pensaran bagaimana sih ngecek server online atau tidaknya, disini kita akan bahasa dengan detail cara cek tcp port SSH.

- Langkah pertama buka http://www.infobyip.com/tcpportchecker.php
- Pada kolom Enter Enter domain or ip address of the ssh server masukan IP SSH
- Pada kolom sebelahnya masukan port SSH, kita ambil port SSH contohnya 443 kemudian klik tombol Check
- Jika muncul keterangan PASS Successfully connected to IP SSH:443, itu artinya server tidak down dan tidak ada masalah.
- Jika muncul keterangan FAIL Cannot connect to IP SSH:443, error: Connection timed out, itu artinya server nungging, tiarap, down atau port closed.

Sudah jelas agan-agan ganteng sekalian? :)
Previous
Next Post »

Join Us

Ayo ajak semua teman kamu bergabung disini,Hanya klik Like/Suka pada tombol FB dibawah ini! Lalu dapatkan informasi yang diupdate setiap harinya!
Join this site
Auto Payment Check
Info Bagi Pengguna SSH Niels, Saat Ini SSH Sudah Bisa Di Akses Tidak Ada Kendala Lagi. Jika Terjadi Kesalahan Tidak Bisa Install Tools SSH Niels Atau Kurang Mengerti Cara Pesan SSH Niels. Bisa Hubungi Kami Di Contact Email. Terimakasih~